Ilmu Al Qur’an dan Tafsir

VISI

Terwujudnya Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang unggul se-Sumatera dalam pengembangan studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dengan memadukan berbagai disiplin keilmuan yang bermanfaat bagi peradaban yang berdasarkan pada nilai-nilai Islam Ahlus Sunah Wal Jama’ah an-Nahdliyah pada tahun 2027

MISI

  1. Menyelenggarakanpendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pengembangannya dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.
  2. Mempersiapkan tenaga professional dengan keahlian di bidang studi ilmu Al-Qur’an dan Tafsir berlandaskan nilai-nilai Islam Ahlusunah Waljamah an-Nahdliyah.
  3. Menyelengarakan penelitian dengan membudayakan tradisi kritis-analitis dalam ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang bermanfaat bagi lingkungan civitas akademik dan masyarakat luas.
  4. Menyelenggarakan program pengabdian pada masyarakat dalam penyelesaian persoalan-persoalan kemasyarakatan yang berkaitan dengan aplikasi studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berorientasi pada pengembangan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusanAl-Qur’an dan Tafsir yang profesional dan berkualifikasi akademik dalam bidang ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
  2. Menghasilkan peneliti yang mampu melakukan penelitian kritis-analitis dalam rangka menyelesaikan persoalan sosial-keagamaan di masyarakat yang terkait dengan disiplin keilmuan Al-Qur’an dan Tafsir
  3. Menghasilkan ahli bidang keilmuan Al-Qur’an dan Tafsir yang mengabdikan ilmunya demi kemaslahatan masyarakat, baik pada tingkat lokal, nasional maupun global
  4. Menghasilkan disiplin kajian dan publikasi ilmiah di bidang Al-Qur’an dan Tafsir, yang dapat memberi pengetahuan dan penyadaran terhadap masyarakat terkait bidang keilmuan Al-Qur’an dan Tafsir.
  5. Menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan secara akademik dan praksis dengan berbagai pihak, pada tingkat lokal,nasional dan global  khususnya dalam kajian Al-Qur’an dan Tafsir.